Tugas Manajemen I

1. Pengertian manajemen 
     Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang di lakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan
       sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (Fuad. M, 2000).

       Pengertian Manajemen dikemukakan oleh James A.F. Stoner dalam S.Alam (2007)  mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
       
2.    Bidang-bidang Manajemen
Penerapan manajemen disesuaikan dengan bidang kerja yang ada dalam organisasi atau badan usaha. Bidang-bidang tersebut di antaranya manajemen produksi, keuangan, pemasaran, personalia, dan  adimistrasi (Arifin, 2007 ).

  a.  Manejemen Produksi (Production Management)
Manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan serta menambah kegunaan suatu barang dan jasa. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen produksi, yaitu sebagai berikut.
1.   Seleksi dan desain produk berhubungan dengan upaya untuk mengembangkan produk melalui penelitian terus menerus.
2.  Manajemen persediaan berhubungan dengan penetapan jumlah produk agar setiap permintaan konsumen dapat terlayani.
3.  Pengendalian mutu, berhuvungan dengan penetapan kualitas produk untuk memasukan konsumen.

       b. Keuangan
1.      Harga (price)
    Harga adalah kompensasi yang harus dilakukan untuk mendapatkan sejumlah barang dan jasa. Dalam menetapkan harga produk, produsen harus memperhitungkan biaya produksi sehingga tidak terlalu tinggi atau rendah yang akan mempengaruhi konsumen dalam produsen sendiri dalam mendapatkan keuntungan.
    Ada empat kebijakan harga yang bisa dipakai perusahaan yaitu price discount, promotional discounts, nem production pricing, dan geographic pricing.
 c. Pemasaran
1.      Saluran Distribusi (Place)
Saluran distribusi, yaitu perantara perdagangan (intermediaries) yang melakukan kegiatan menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen, mulai dari distributor, pedagang besar, sampai pengecer.

2.      Promosi (Promotion)
Promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan secara aktif untuk mendorong konsumen membeli produk yang di tawarkan. Selain itu promosi berfungsi mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk tertentu.

      d.  Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management)
Manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan semua pekerjaan yang menyangkut pegawai, mencari pegawai, berlatih atau mengorganisasi dan melayani mereka.
Tujuan utama manajemen sumber daya manusia, yaitu untuk meningkatkan kontribusi karyawan terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi yang bersangkutan.

      e.  Manajemen akuntasi (Accounting management)
Kegiatan manajemen akutansi adalah mengumpulkan, mencatat, menganalisis, dan melaporkan keuangan perusahaan sebagai bahan pengambilan keputusan.

3. Pengertian Kepemimpinan
    Banyak ahli yangg mendefinisikan kepemimpinan. Dari sekian banyak itu, Stoner mencoba menggabungkan menjadi satu pengertian, bahwa kepemimpinan merupakan suatu proses mengenai pengarahan dan usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok (Umar, 2000).
            Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi yang membujuk atau memotivasi sebuah kelompok menuju pencapaian suatu tujuan atau beberapa tujuan tertentu. (Davis ,1955).


S.Alam. (2007). Ekonomi untuk sma dan ma kelas XII. Jakarta : Erlangga

Arifin, Imamul., W. Hadi, Giana. (2007). Membuka cakrawala ekonomi untuk kelas XII sekolah menengah atas atau madrasah aliyah program ilmu pengetahuan sosial. Bandung : PT. Setia Purna Inves

Davis, B. Gordon. (1995). Kerangka dasar sistem informasi manajemen bagian I pengantar. Jakarta : PT. Gramedia

Fuad, M., H, Christine., Nurlela., Sugiarto., Paulus. (2000). Pengantar bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 


U       Umar, Husein. (2000). Business an introduction .Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama  
          Klik untuk melihat buku

B


Komentar

  1. maaf sebelumnya, saya telah berkali-kali mengedit. tetapi tetap saja begini :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEAST - Kimi wa dou?

Arashi Biografi

New Dorama: Mioka