Struktur Organisasi


           Ayah ku adalah seorang pekerja keras. Ayah ku bekerja di salah satu instansi negara yang pada jaman itu pekerjaan sangat penting dan sangat di butuhkan negara. Karena  pada jaman itu di era 80-90 komunikasi masih minim. alat-alat komunikasi seperti smart phone blum bermunculan. Yang ada hanyalah handy talkie. Handy talkie adalah suatu alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan radio. Makadari itu orang seperti presiden pun membutuhkan kinerja TNI di bidang komunikasi, untuk melancarkan semua kegitan presiden dan anggota-anggota pemerintahan maupun TNI dan ABRI itu sendiri. Baik kegiatan di luar kota maupun luar negeri. Pada era itu struktur organisasi di kantor tersebut sangatlah terstruktur dan terperinci. Pegawai-pegawainya pun ada yang masuk ke dalam katagori pegawai negeri sipil adapun juga pegawai suwasta. Semua itu tergantung pilihan masing-masing pegawai. Para pegawai pada saat itu benar-benar di sibukkan dengan pekerjaan mereka sesuai bidangnya. 
          Akan tetapi di era milenium sekarang ini tahun 2000an. Alat komunikasi sudah canggih. Dengan adanya telepon genggam atau smart phone. Dan internet maupun cctv. Karena hal tersebut, struktur organisasi pun banyak yang mengalami perombakan jabatan. Karena ada beberapa jabatan yang saat ini sudah tidak di butuhkan lg. Karena telah majunya era teknologi. dan beberapa pegawai pun sempat tidak memiliki pekerjaan akan tetapi masih bekerja pada kantor tersebut. Pemerintah pun melihat bahwa kantor tersebut untuk saat ini sudah tidak di butuhkan dan akhirnya struktur organisasi kepegawaian  kantor di ubah lagi, dengan cara pegawai yang memiliki status sebagai pegawai negeri akhirnya di pindah tugaskan ke kantor tni pusat dan beberapa pegawai yang statusnya pegawai swasta akhirnya di pertahankan untuk berada di kantor tersebut dengan konsekuensi pekerjaan pun makin berkurang, dan pada akhirnya kantor tersebut pun di pegang alih oleh anggota tni. Karena sangat di sayangkan apabila kantor tersebut di tutup. Saat ini pun struktur organisasinya menjadi lebih mengerucut atau bisa di bilang lebih sedikit, di bandingkan dengan struktur organisasi terdahulu, pada masa kejayaannya di era 80-90an. 

di dalam ilmu psikologi manajemen, tipe organisasi terbagi menjadi empat macam yaitu : 
Tipe organisasi ada 4 macam yaitu :

1. Tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah
o Organisasi masih kecil
o Jumlah karyawan sedikit
o Spesialisasi kerja masih kecil

Keuntungannya adalah :
o Mudah dimengerti dan dilaksanakan
o Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas
o Merupakan jenis organisasi yang stabil
o Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat
o Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal

Kerugiannya adalah :
o Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
o Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
o Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas
o Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar

2. Tipe organisasi Fungsional
Tipe ini diciptakan oleh F.W.Taylor . Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

Keuntungan Tipe ini adalah :
o Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli
o Ada koordinasi yang baik
o Memudahkan dalam pengawasan

Kerugian tipe ini adalah :
o Banyak mengeluarkan biaya tambahan
o Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik
o Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.

3. Tipe organisasi Garis dan Staf
Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut.

4. Tipe Organisasi Fungsional dan Staf
Tipe ini adalah perpaduan antara tipe orrganisasi garis, fungsional dan staf.



Dari cerita di atas dapat di lihat bahwa struktur organisasi pada kantor tersebut yermasuk ke dalam tipe organisasi Fungsional dan staf.  Dikarenakan sudah banyak perubahan struktur organisasi yg dilakukan oleh kantor tersebut, di mulai dari era 80-90an dengan adanya pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut, tipe organisasi ini masuk ke dalam organisasi fungsional. Pada pada pertengahan era 2000an, kantor ini telah banyak melakukan lerombakan struktur organisasi karena berkurangnya pegawai dan makin sedikit pekerjaan yang di butuhkan, maka dari itu organisasi tersebut masuk ke dalam tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah
o Organisasi masih kecil
o Jumlah karyawan sedikit
o Spesialisasi kerja masih kecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEAST - Kimi wa dou?

Arashi Biografi

New Dorama: Mioka