Sistem Informasi Psikologi





     Kata sistem banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang, sehingga maknanya menjadi beragamkata dari sistem itu sendiri memiliki banyak arti atau arti yang luas cakupannya. Diantaranya adalah:
“Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliraninformasimateri atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.” (Source)
“sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.” (Source)
“Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.” (Source)
“Suatu kesatuan prosedur atau komponen yang saling  berkaitan satu sama lain, bekerja sama sesuai dengan aturan yang di terapkan sehingga membentuk suatu tujuan yang sama. Dimana dalam sebuah sistem bila terjadi satu bagian saja yang tidak bekerja atau rusak maka suatu tujuan bisa terjadi kesalahan hasilnya atau outputnya.” (Source) 
Kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.” (Source)
dari penjabaran pengertian tentang sistem diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa sistem itu memang kompleks dan sangat terkait dengan hal yang ada didalamnya, karena sistem tidak akan jalan apabila salah satu elemen sistem tersebut tidak jalan.
Selain dari percakapan sehari-hari dalam forum diskusi. Pengertian Sistem juga terdapat pada dokumen ilmiah beberapa yang di jelaskan oleh para ahli. Pengertian sistem menurut beberapa para ahli adalah (Source) : 
“ Menurut L. James Havery, sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.”

“ Menurut John Mc Manama, sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.”

Menurut C.W. Churchman, sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.”

Menurut J.C. Hinggins, sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.”

“Menurut Edgar F Huse dan James L. Bowdict, sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.” (Source)

“ Menurut Anatol Raport, Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat  
   hubungan satu sama lain.” (Source)
dari penjabaran pengertian tentang sistem diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa sistem itu sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan atau yang dituju.
     Istilah kata sistem dan informasi adalah kata yang saling berkaitan. Yang biasanya sering di gabungkan dalam satu arti yaitu pengertian dari sistem informasi. Maka dari itu untuk menghasilkan informsi yang berkualitas maka dibuatlah sistem informasi  didefinisikan oleh robert A. Laitch dan k. Roscoe Bavis sebagai berikut: “sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang memerlukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang di perlukan”. (Source)
     Pemakaian istilah informasi dalam sistem informasi sangatlah beraneka ragam, beberapa ilmuan dan pemakaian istilah ini banyak pula dipertentangkan mulai dari pesan seseorang yang disampaikan dan laporan yang dikeluarkan dari sistem komputer. Akan tetapi, dalam suatu organisasi bisnis, informasi mengarah pada output atau dari hasil cetakan dari sistem komputerisasi yang ditetapkan oleh suatu sistem informasi pada organisasi ataupun perusahaan, kemudian informasi ini akan mempunyai nilai dalam pengambilan keputusan, karena Informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi rasa cemas seseorang dalam pengambilan keputusan (Source). Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya (Source). Salah satu contohnya Informasi didalam suatu atau jenis acara dapat mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Akan tetapi, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep. Seperti artipengetahuan, negentropyPersepsi,Stimuluskomunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental. Di antaranya (Source):
 “Sejarah kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan” (Source)

“Informasi adalah data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat karena dapat dikomunikasikan kepada seseorang yang akan menggunakannya untuk membuat keputusan, sedangkan data sebagai bahan baku informasi, didefiniskan sebagai fakta mengenai objek, oran dan lain lain. “ (Source)

“ Secara harfiah kata informasi berarti pesan, sedangkan secara maknawiah informasi diartikan sebagai uraian berisi keterangan tentang sesuatu (objek/peristiwa/masalah) yang di sampaikan kepada seorang atau sekelompok orang dengan tujuan agar mereka mengetahui atau memahaminya.” (Source)

“ Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkangelombang.” (Source)
“ Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. “ (Source)

Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi  sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam  pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi. Data belum  memiliki nila” (Source)
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah hasil dari proses intelektual seseorang dalam  pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

      Pengertian informasi juga terdapat pada dokumen ilmiah beberapa yang di jelaskan oleh para ahli. Pengertian dan definisi informasi menurut beberapa para ahli adalah (Source) :
“ Menurut Joner Hasugian, Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.”
“ Menurut Anton M. Moeliono, Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.”
“ Menurut Kenneth C. Laudon, Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.”
“ Menurut Robert G. Murdick, Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan.”
“ Menurut Kusrini,  Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ni atau mendukung sumber informasi.”
“ Menurut MC Leod, Infomasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.”
“ Menurut Gordon B. Davis, Informasi adalah data yang telah dirposes/diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.”
        Sistem informasi di dalam bidang psikologi terkait Hubungannya dengan Proses pengolahan data pada otak, yang diperoleh dari pengalaman yang akan diolah didalam fungsi kognitif individu. Hasil akhir dari pengolahan data ini kemudian membentuk skema atau suatu pemetaan. Seorang ahli psikologi lebih  sering atau lebih terfokus dalam menyelidiki aspek-aspek penting dalam belajar, contohnya seperti bagaimana orang dewasa mengingat informasi verbal atau bagaimana anak memahami cerita-cerita karena pengertian dari psikologi itu sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan dengan lingkungannya. (Source)
           Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: “psyche” yang artinya jiwa. Dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan.sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.(Source)
          Psikologi juga didefinisikan sebagai kajian saintifik tentang tingkahlaku dan proses mental orgnisme. Tiga idea penting dalam definisi ini ialah: ‘saintifik’, tingkah laku’ dan ‘prpses mental’. Saintifik bermakna kajian yang dilakukan dan data yang dikumpulkan mengikuti prosedur yang sistematik. Walau pun kaedah saintifik diikuti, ahli-ahli psikologi perlu membuat sebagai inferen atau tafsiran berdasarkan temuan yang diperoleh. Ini dikarenakan subjek yang dikaji adalah hewan dan manusia dan tidak seperti sesuatu sel (seperti dalam kajian biologi) atau bahan kimia (seperti dalam kajian kimia) yang secara perbandingan lebih stabil. (Source)
Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapat tentang pengertian psikologi, diantaranya

Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.” (Source)

Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.” (Source)

Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.” (Source)
     Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.
       Pembahasan mengenai "sistem informasi Psikologi" dapat di tarik kesimpulan bahwa, pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Wujud tingkah lakutersebut dapat terlaksana atau tercipta melalui sistem informasi yang mereka dapat dari lingkungan sekitar atapun sumber-sumber lainnya, yang di terima atau diolah didalam fungsi kognitif individu yang berpusat di otak.

Daftar Pustaka :
 Koniyo, Andri; Kusruni. (2007). Tuntunan praktis membangun sistem informasi akutansi dengan visual basic dan microsoft SQL server. Jakarta: CV andi offset.

Yang terdapat tulisan "Source" (di klik) --> adalah Daftar Pustakanya




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEAST - Kimi wa dou?

Arashi Biografi

New Dorama: Mioka