Skema ponzi, asal-usul dan pengertian

Bagi anda yang sudah biasa main bisnis di internet, mungkin sudah tidak asing dengan istilah ponzi. Ponzi atau skema ponzi biasa di kaitkan dengan bisnis internet yang beroperasi di wilayah abu-abu atau wilayah hitam atau sering diistilahkan scam. Apa sebenarnya ponzi itu ? Siapa yang mencetuskannya ? Apa pula scam itu ? Bisnis apa saja yang termasuk dalam skema ponzi ? Mari kita ngbrol mengenai ini sejenak.
charles ponzi adalah seorang bankir yang terkenal dalam sejarah Amerika. Dia menawarkan sejumlah pengembalian investasi sebesar lebih dari 50% dalam waktu 45 hari. Dari sinilah istilah ponzi scheme atau skema ponzi berasal. Karena ternyata dalam hal ini dia membayar investor awal dengan ung yang berasal dari investor yang datang belakangan. karena dia tidak mendapatkan profit atau keuntungan lain selain dari para investor. Dengan kata lain, jika tidak ada investor yang datang lagi, cash flow akan berhenti. Dari inilah maka, bisnis dengan skema ponzi sering di kategorikan scam atau penipu.
Nah, setelah kita mengenal asal-usul ponzi, sekarang kita ulas bisnis apa saja yang marak di internet dengan skema ponzi ?

HYIP
HYIP atau High Yield Investment Program atau Program Investasi dengan Profit Tinggi merupakan program investasi yang tumbuh dan berkembang pesat terutama di internet. Perkembangan HYIP di internet sendiri baru dirasakan sekitar tahun 2003 – 2004 dan mulai tahun 2005 telah meraja lela dan sampai juga ada orang Indonesia yang memulai usaha ini. Banyak sekali HYIP yang saat ini dibuat dengan tujuan untuk menipu terutama bagi mereka yang belum paham tentang resiko dan bahayanya berinvestasi di HYIP.
HYIP banyak yang menerapkan “ponzi scheme” yaitu suatu skema dimana orang yang masuk dahulu pada program mendapat profit yang didapat dari orang yang masuk belakangan, dan apabila sudah tidak ada yang masuk atau yang masuk berkurang, maka program tersebut akan tutup (scam).

HYIP sendiri saat ini banyak menggunakan mata uang internet (E-Currency), seperti : Liberty Reserve, Perfect Money, e-gold, e-bullion, pecunix, dll. Beberapa di antaranya ada juga yang mempunyai mata uang sendiri seperti SwissCash dengan mata uang e-point, ataupun lewat transfer bank maupun “Bank-Wire”.
Autosurf
Ada dua tipe HYIP yang populer di internet:
1.HYIP yang memungkinkan seseorang tidak melakukan apapun kecuali menanamkan uang
2.HYIP yang meminta orang tersebut melihat-lihat iklan.
Yang terakhir ini meraih cukup banyak popularitas dengan konsep yang dikenal sebagai autosurf.
Autosurf berbasis HYIP bekerja dengan prinsip yang sama seperti televisi: menawarkan sesuatu secara gratis pada para anggotanya atas imbalan “menonton” iklan. Dalam kasus autosurf HYIP, barang gratisan tersebut adalah uang. Bila sebuah autosurf tidak berbasis HYIP, yang ditawarkan umumnya adalah kredit iklan bagi para anggotanya. Semakin banyak kredit yang didapat, semakin banyak kesempatan yang diberikan pada para anggotanya untuk beriklan.
Source

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEAST - Kimi wa dou?

Arashi Biografi

New Dorama: Mioka