Plus Minus Diasuh Kakek-Nenek


Ibu Bekerja Harus Pintar Bagi Waktu
ADA kebimbangan ketika wanita yang memiliki anak memutuskan untuk bekerja di luar rumah. Siapa yang akan menjaga anak-anak saat bekerja? Apalagi mencari orang kepercayaan yang bisa menjaga anak-anak dengan aman dan terlindungi bukan soal mudah. Akhirnya nenek atau kakeknya di minta untuk menjaga cucu-cucunya di rumah. Namun bukan berarti masalah itu selesai.
Adanya perbedaan pola asuh antara ibu dan anak saat di asuh oleh nenek dan kakeknya. Seringkali masalah ini pun bisa menjadi rumit. Seperti di kemukakan oleh Ny Nina (38), yang memiliki seorang anak bernama nura (5). Dengan alasan agar tidak khawatir selama bekerja, Ny Nina memilih bergabung untuk tinggal dengan ibunya alias nenek Nura. Padahal Ny Nani sudah memiliki rumah sendiri.
“Saya masih merasa khawatir kalau nura hanya tinggal dengan pembantu saja. Biar bagaimanapun pembantu kan orang lain yang kebetulan bekerja di rumah kita,” kata Ny Nina.
Kendati demikian, tak jarang terjadi peselisihan dalam merawat dan pola asuh yang di berikan ke Nura. “Ibu saya sewaktu mendidik saya itu galak dan keras.” Tapi ketika dengan Nura sangat berbeda, cenderung memanjakan.padahal saya ingin bahwa anak sata itu tidak manja,” lata Ny Nani bebrapa waktu lalu.
“Secara psikologis ibu akan lebih save (aman) menitipkan anaknya ke orangtuanya, dalam hal ini nenek atau kakeknya dari pada orang lain,” kata wanda beberapa waktu lalu.
Ketika ibunya merasakan kakek dan neneknya terlalu memanjakan, jalan satu-satunya harus mendiskusikan dengan memberikan alasan yang logis agar bisa di terima kakek neneknya.
Wanda mencontohkan sang ibu ingin anaknya jadi lebih mandiri, dan tidak lagi di suapin ketika makan. Namun kakek dan neneknya seperti mengindahkan dan tetap saja masih sering menyuapi cucunya. Pada kasus itu harus benar-benar didiskusikan mengapa anak-anak harus mandiri dan tidak di suapi terus.
Lalu kenapa ada kecenderungan kakek dan neneknya sering memanjakan cucu-cucunya? Menurut Wanda, ada perubahan sikap kakek neneknya yang sebelumnya mengurus rumah dan pekerjaan saat ini aktivitasnya sudah jauh berkurang sehingga bisa focus kepada cucu-cucunya.        

Warta kota

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEAST - Kimi wa dou?

Arashi Biografi

New Dorama: Mioka