Tugas Manajemen I
1. Pengertian manajemen
Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang di lakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan
sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (Fuad. M, 2000).
Pengertian Manajemen dikemukakan oleh James A.F. Stoner dalam S.Alam (2007) mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (Fuad. M, 2000).
Pengertian Manajemen dikemukakan oleh James A.F. Stoner dalam S.Alam (2007) mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
2. Bidang-bidang
Manajemen
Penerapan manajemen
disesuaikan dengan bidang kerja yang ada dalam organisasi atau badan usaha. Bidang-bidang
tersebut di antaranya manajemen produksi, keuangan, pemasaran, personalia, dan adimistrasi (Arifin, 2007 ).
a. Manejemen Produksi (Production Management)
Manajemen produksi adalah
kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan sumber daya organisasi
secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan serta menambah kegunaan
suatu barang dan jasa. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen
produksi, yaitu sebagai berikut.
1. Seleksi dan desain produk berhubungan dengan upaya untuk
mengembangkan produk melalui penelitian terus menerus.
2. Manajemen persediaan berhubungan dengan penetapan jumlah
produk agar setiap permintaan konsumen dapat terlayani.
3. Pengendalian mutu, berhuvungan dengan penetapan kualitas
produk untuk memasukan konsumen.
b. Keuangan
1.
Harga (price)
Harga adalah
kompensasi yang harus dilakukan untuk mendapatkan sejumlah barang dan jasa. Dalam
menetapkan harga produk, produsen harus memperhitungkan biaya produksi sehingga
tidak terlalu tinggi atau rendah yang akan mempengaruhi konsumen dalam produsen
sendiri dalam mendapatkan keuntungan.
Ada empat kebijakan harga yang bisa dipakai
perusahaan yaitu price discount,
promotional discounts, nem production pricing, dan geographic pricing.
c. Pemasaran
1.
Saluran Distribusi (Place)
Saluran distribusi, yaitu perantara perdagangan (intermediaries) yang melakukan kegiatan
menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen, mulai dari distributor,
pedagang besar, sampai pengecer.
2.
Promosi (Promotion)
Promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan
perusahaan secara aktif untuk mendorong konsumen membeli produk yang di
tawarkan. Selain itu promosi berfungsi mempengaruhi keputusan konsumen untuk
membeli suatu produk tertentu.
d. Manajemen Sumber Daya
Manusia (Human Resources Management)
Manajemen sumber daya
manusia adalah kegiatan merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan semua
pekerjaan yang menyangkut pegawai, mencari pegawai, berlatih atau
mengorganisasi dan melayani mereka.
Tujuan utama manajemen
sumber daya manusia, yaitu untuk meningkatkan kontribusi karyawan terhadap
organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi yang bersangkutan.
e. Manajemen akuntasi (Accounting management)
Kegiatan manajemen akutansi
adalah mengumpulkan, mencatat, menganalisis, dan melaporkan keuangan perusahaan
sebagai bahan pengambilan keputusan.
3.
Pengertian Kepemimpinan
Banyak ahli
yangg mendefinisikan kepemimpinan. Dari sekian banyak itu, Stoner mencoba
menggabungkan menjadi satu pengertian, bahwa kepemimpinan merupakan suatu
proses mengenai pengarahan dan usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan
dengan anggota kelompok (Umar, 2000).
Kepemimpinan adalah pengaruh antar
pribadi yang membujuk atau memotivasi sebuah kelompok menuju pencapaian suatu
tujuan atau beberapa tujuan tertentu. (Davis ,1955).
S.Alam. (2007). Ekonomi
untuk sma dan ma kelas XII. Jakarta : Erlangga
Arifin, Imamul., W. Hadi, Giana. (2007).
Membuka cakrawala ekonomi untuk kelas XII
sekolah menengah atas atau madrasah aliyah program ilmu pengetahuan sosial. Bandung
: PT. Setia Purna Inves
Davis, B. Gordon. (1995). Kerangka dasar sistem informasi manajemen
bagian I pengantar. Jakarta : PT. Gramedia
Fuad, M., H,
Christine., Nurlela., Sugiarto., Paulus. (2000). Pengantar bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
U Umar, Husein. (2000). Business an introduction .Jakarta : PT.
Gramedia Pustaka Utama
B
maaf sebelumnya, saya telah berkali-kali mengedit. tetapi tetap saja begini :(
BalasHapus